Anak yang memiliki dorongan ingin tahunya besar, sering menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang baik, menonjol dalam salah satu bidang seni, dapat memberikan banyak usulan dan gagasan terhadap suatu permasalahan, bebas dalam memberikan pendapat, mempunyai rasa keindahan, memiliki pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya serta tak mudah terpengaruh orang lain, keaslian (orisinalitas) tinggi (terlihat ketika mengungkapan gagasan, karangan, dan sebagainya, ketika memecahkan masalah menggunakan cara-cara orisinal yang jarang diperlihatkan oleh anak-anak lain), rasa humor tinggi, daya imajinasi yang kuat, senang mencoba hal-hal baru, kemampuan mengembangkan atau memerinci suatu gagasan (kemampuan elaborasi), dapat bekerja sendiri.
2. Bagian Ciri-ciri Motivasi
Ketika menghadapi tugas dia melakukannya dengan tekun (dapat bekerja terus-menerus dalam waktu lama, tidak berhenti hingga selesai), ulet dalam menghadapi kesulitan (tidak cepat putus asa), menunjukkan minat terhadap berbagai masalah “orang dewasa” (misalnya terhadap pembangunan, korupsi, keadilan, dan sebagainya), tidak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi, ingin mendalami bahan/bidang pengetahuan yang diberikan, selalu berusaha untuk berprestasi sebaik mungkin (tidak cepat puas dengan prestasinya).
Senang dan rajin belajar disertai dengan perasaan penuh semangat dan cepat bosan ketika berhadapan dengan tugas-tugas rutin, dapat mempertahankan pendapat-pendapatnya (jika sudah yakin akan sesuatu, tidak mudah untuk melepaskan hal yang diyakini itu), senang mencari dan memecahkan soal-soal, mengejar tujuan-tujuan jangka panjang (mampu menunda pemuasan kebutuhan sesaat yang ingin dicapai kemudian).
3. Bagian Ciri-ciri Intelektual/Belajar
Didalam belajar di sekolah maupun di rumah, dia dengan mudah menangkap pelajaran, memiliki daya penalaran yang tajam (berpikir secara logis-kritis, memahami hubungan sebab-akibat), ingatan baik, memiliki daya konsentrasi yang baik (perhatiannya tidak mudah teralihkan), perbendaharaan kata luas, menguasai berbagai bahan tentang macam-macam topik, senang dan sering membaca, ungkapan diri lancar dan jelas, senang mempelajari kamus maupun peta dan ensiklopedi, pengamat yang cermat.
Dapat dengan cepat memecahkan soalan, cepat menemukan asas dalam suatu uraian, cepat menemukan kesalahan atau kekeliruan, mampu membaca pada usia yang lebih muda, selalu sibuk didalam menangani berbagai hal, daya abstraksi tinggi.
No comments:
Post a Comment